Total Tayangan Laman

Senin, 17 Januari 2011

JUARA LOMBA PKS tingkat Polda Sulteng


TOLITOLI JUARA LOMBA PKS SE-SULTENG

   Palu - Patroli Keamanan Sekolah (PKS) binaan Satuan Lalu Lintas Polres Tolitoli, Sulawesi Tengah, keluar sebagai Juara I lomba PKS yang digelar Korps Ditlantas Polda Sulteng di Mako Ditlantas Jl. Rajamoili Palu, Sabtu.
      Tim yuri yang dipimpin Wakil Dirlantas AKBP H Ai Afriandi, SH.SIk juga menetapkan Juara II adalah PKS binaan Polres Kota Palu sedangkan Juara III PKS binaan Polres Morowali, sementara juara harapan I sampai III secara berturut-turut adalah PKS Polres Banggai Kepulauan, Polres Poso dan Polres Luwuk.
    Juara I sampai III memperoleh hadiah uang pembinaan masing-masing Rp1,5 juta, Rp1 juta dan Rp750.000 plus piala dan piagam, sedangkan juara harapan memperoleh hadiah uang pembinaan Rp250.000 plus piagam, sementara peserta lainnya mendapatkan bingkisan dari panitia.
    Di depan Dirlantas Kombes Pol Drs Hariadi, SH, Wadirlantas, para yuri dan pejabat teras Ditlantas serta sejumlah Kasat Lantas Polres se-Sulteng, para peserta memperagakan keterampilan  mereka dalam baris berbaris dan dalam melaksanakan tugas-tugas polantas di jalan raya mengatur arus lalu lintas.
    Windi, siswi SMU Negeri I Tolitoli yang menjadi anggota PKS binaan Polres Tolitoli mengaku sangat tertarik mengikuti kegiatan ekstra kurikuler ini karena memberi pengetahuan dan keterampilan khusus dalam menjalankan fungsi polantas untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas dan santun berkendara di jalan raya.
    Ia berjanji akan lebih aktif mengikuti kegiatan PKS dan akan mendorong rekan-rekannya untuk membentuk kelompok PKS di sekolahnya karena sampai saat ini sekolah unggulan di Tolitoli itu belum memiliki PKS. Kelompok PKS Tolitoli yang menjuarai lomba kali ini beranggotakan para siswa/siswi dari berbagai sekolah.
    Dirlantas Kombes Hariadi memberikan apresiasi khusus kepada PKS Tolitoli karena selain mahir dan trampil dalam melakukan peragaan di depan para yuri, postur tubuh para anggota PKS ini juga tinggi-tinggi.
    Ketua Panitia Penyelenggaran Lomba PKS 2011 Ditlantas Polda Sulteng Kompol Dudus, SIk mengemukakan, dari 10 Polres di jajaran Polda Sulteng, hanya Polres Buol yang tidak mengirim kontingen karena kondisi di Buol belum memungkinkan.
    Menurut Dudus, lomba PKS ini merupakan bagian dari program Korps Ditlantas Mabes Polri dalam membina masyarakat secara dini dalam hal tertib dan disiplin berlalu lintas di kalangan pelajar.
    "Ini juga merupakan bagian dari kerja sama Ditlantas Polda Sulteng dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Sulteng yang mulai 2011 ini akan memasukkan pelajaran mengenai disiplin berlalu lintas dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah," ujarnya.
    Dengan lomba ini, para pelajar diharapkan lebih tertarik dan termotivasi untuk mengembangkan kegiatan PKS di sekolah masing-masing. (CDR25)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar